Jasa Logistik di Indonesia Berkembang Pesat

Industri jasa logistik Indonesia mengalami perkembangan yang siginifikan akhir-akhir ini. Sejumlah pengamat mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia membaik akhir-akhir ini juga berkat atau dampak baik dari perkembangan jasa logistik Indonesia yang terus meningkat.

Apa yang membuat jasa logistik Indonesia terus meningkat? Tentunya, salah satu yang paling kentara menjadi penyebabnya adalah berkembang pesatnya bisnis online di Indonesia. Tidak hanya marketplace ternama, bahkan penjualan daring dari media sosial juga terus meningkat. Hal ini berdampak juga pada perkembangan jasa logistik Indonesia.

Industri logistik memang memegang peranan penting dalam urusan menjadikan produk yang dipesan oleh pembeli bisa sampai ke rumahnya. Namun, karena kemiripannya dengan industri ekspedisi, banyak orang yang mengira bahwa jasa logistik dan ekspedisi adalah dua hal yang sama.

Perlu dicatat bahwa perusahaan jasa logistik memang bertugas untuk mengirimkan barang dan jasa transportasi. Meski demikian, pelayanannya jauh lebih rinci karena untuk mengirim barang dalam jumlah banyak berarti harus melewati pelabuhan, bandara, dan transportasi darat. Itu berarti, ada banyak institusi yang berkaitan, seperti bidang pajak, kepabeanan, pelabuhan, institusi bandara, aparat keamanan, DLLAJ, Dinas Perhubungan, dan sebagainya.

Dengan kata lain, perusahaan logistic memang bertugas dalam hal pengiriman barang. Namun, di sepanjang perjalanan barang tersebut, ada banyak hal juga yang mesti diurus. Itu yang menjadi tupoksi kerja jasa logistic.

Istilah logistik ini merujuk pada perusahaan yang memastikan produk yang ada di pabrik bisa dikirimkan langsung ke rumah orang yang memesannya. Ada perusahaan logistik yang hanya fokus pada pengiriman (jasa kurir). Ada juga perusahaan logistik yang sudah memberikan pelayanan gudang atau warehouse. Gudang ini ditujukan untuk menyimpan stok barang baik dari produsen, maupun dari pelanggan.

Fungsi dari jasa logistik sangat penting. Karena sektor inilah yang memastikan rantai pasokan barang ke seluruh Indonesia bisa lancar. Apabila perusahaan logistik tidak memberikan layanan dengan baik, itulah sering terjadi kelangkaan barang, dan sebagainya. Perusahaan logistik inilah yang bertugas memsatikan setiap barang bisa sampai ke setiap tujuan. Sektor ini juga yang bisa menjaga stok barang di supermarket, toko, sampai warung sekalipun bisa tetap cukup dan terjaga.

Untuk itu, perlu dijelaskan lebih detail apa saja perusahaan logistik tersebut berdasarkan layanan yang diberikan. Setidaknya, ada tiga jenis perusahaan logistik berdasarkan layanan tersebut. Berikut di antaranya:

Lead Service Provider

Perusahaan logistik yang termasuk dalam jenis ini adalah perusahaan yang hanya memiliki satu layanan saja (basic service). Biasanya, layanan yang ditawarkan adalah jasa kurir.

Lead Logistic Provider

Ini perusahaan logistik yang lengkap. Karena semua proses distribusi barang dihandle oleh perusahaan ini. Perusahaan ini memiliki armada yang cukup memadai, jaringan yang baik, dan gudang (warehouse). Jenis perusahaan logistik ini adalah yang biasa berhubungan dengan pengiriman dalam jumlah banyak atau pengiriman cargo.

Three Party Logistic

Perusahaan logistik yang termasuk jenis ini adalah perusahaan yang punya gudang (warehouse), dan juga memberikan jasa forwarding. Namun, untuk melakukan distribusi barang ke tujuan, perusahaan yang satu ini akan bekerjasama dengan perusahaan transportasi yang sudah menjalin kerjasama dengan mereka.

Dari ketiga ini, jenis Lead Logistic Provider biasanya akan bekerjasama untuk pengiriman dalam jumlah besar. Begitu juga Three Party Logistic. Sedangkan perusahaan dengan jenis Lead Service Provider, itulah yang kerap disebut sebagai perusahaan kurir, atau perusahaan ekspedisi.

Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.