Apakah Perusahaan Logistik itu Sama dengan Ekspedisi?

Perusahaan ekspedisi dan logistik di tahun lalu meningkat hingga lebih dari 12 persen. Penyebabnya ialah meningkatnya penjualan dan pembelian online, sehingga jasa pengiriman, ekspedisi dan sebagainya menjadi meningkat tajam.

Meski demikian, perusahaan logistik dan ekspedisi bukanlah hal yang sama. Ini yang akan kita bahas kali ini, apa perbedaan perusahaan logistik dan ekspedisi?

Perusahaan logistik Indonesia ialah perusahaan yang lingkup kerjanya berhubungan dengan pengiriman, pengadaan, penyediaan, gudang, dan penyimpanan. Sedangkan ekspedisi ialah perjalanan ke suatu lokasi tertentu. Bisa untuk penjelajahan, penelitian, dan sebagainya. Sedangkan perusahaan ekspedisi Indonesia ialah perusahaan yang lingkup kerjanya pengiriman barang.

Dari hal tersebut bisa dilihat bahwa perusahaan logistik Indonesia pemenuhan kebutuhan konsumen skala besar. Perusahaan logistik akan menyediakan armada pengiriman, menyiapkan gudang penyimpanan, hingga manajemen bidang logistik. Sedangkan perusahaan ekspedisi, fokusnya hanya untuk pengiriman barang. Mengirim semua jenis barang baik dari kelompok, personal, hingga bisnis.

Perusahaan logistik juga akan mengantarkan barang sesuai peta distribusi. Sedangkan perusahaan ekspedisi akan mengirim ke mana saja, bahkan sampai ratusan alamat.

Ekspedisi membawa muatan dengan mobil van, bahkan motor, atau bisa dikatakan bahwa muatan yang dibawa berskala kecil. Sedangkan perusahaan logistik Indonesia, minimal membawa barang 10 ton. Karena itu, muatannya jauh lebih banyak dan besar. Karena itu, perusahaan logistik akan menggunakan kapal berukuran besar, mobil truck, sampai pesawat terbang. Karena, rata-rata barang yang dibawa oleh perusahaan logistic mencapai 50 ton.

Jadi, bisa dibilang bahwa perbedaan utama antara ekspedisi dengan logistik berada di jenis layanan. Ekspedisi memiliki layanan pengantaran barang. Oleh karena itu, ekspedisi tidak memiliki gudang, dan sejumlah hal yang diperlukan untuk manajemen logistik.

Perusahaan logistik memiliki semua hal itu untuk menunjang pelayanannya. Perusahaan logistik memiliki layanan pengiriman barang, tapi juga menyediakan gudang untuk barang. Sekaligus, memiliki armada transportasi, dan juga konsultan untuk manajemen logistik.

Karena itu, konsumen untuk layanan ekspedisi ialah semua kalangan, atau masyarakat umum. Mereka yang belanja secara online misalnya, tentunya menggunakan jasa ekspedisi. Dengan kata lain, jasa ekspedisi bisa digunakan oleh seseorang untuk mengirim satu barang, yang bahkan berukuran kecil dan berbobot ringan. Karenanya, sistem pelayanan ekspedisi disebut pula dengan nama business to consumer.

Sedangkan pada pelayanan logistik, rata-rata konsumennya ialah perusahaan, Mulai dari perusahaan skala menengah, sampai perusahaan besar. Perusahaan yang menggunakan jasa perusahaan logistic tentunya membutuhkan pengiriman dalam jumlah besar. Karenanya, sistem pelayanan logistik disebut pula dengan nama business to business.

Itu penjelasan tentang perbedaan antara perusahaan logistik dengan perusahaan ekspedisi. Tentunya, sekarang Anda sudah tahu dan bisa mencari mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.