Apa Saja Fasilitas Bongkar Muat di Pelabuhan Indonesia

Dalam Jasa Pelabuhan Indonesia, salah satu yang ditawarkan adalah jasa bongkar muat barang. Tentunya, untuk memudahkan proses pembongkaran dan muat barang dari kapal ke dermaga, maupun sebaliknya, harus ditunjang dengan berbagai fasilitas atau sarana prasarana.

Apa saja fasilitas dan peralatan yang sering ditemukan untuk jasa bongkar muat di pelabuhan Indonesia. Setidaknya, ada beberapa peralatan besar yang minimal ada setidaknya 2 unit. Peralatan-peralatan ini juga tidak bisa sembarangan dioperasikan.

Operator dari peralatan ini mesti punya skil dan pengetahuan yang mumpuni. Tidak hanya itu, tenaga kerja yang mengoperasikan alat-alat ini juga tersertifikasi dan mengikuti peraturan keselamatan dengan ketat. Jadinya, sebagai klien, pengguna jasa pelabuhan Indonesia bisa tetap tenang dan nyaman, karena proses pemindahan barang bisa dilakukan dengan cepat dan tepat, tanpa menimbulkan kerusakan barang yang menyebabkan kerugian.

Kembali lagi ke bahasan awal, apa saja fasilitas yang ada di pelabuhan? Berikut peralatan yang ditemukan di pelabuhan untuk mendukung jasa pelabuhan Indonesia.

Multipurpose Gantry Crane

Alat raksasa satu ini crane yang memudahkan proses pemindahan container dan drybulk. Di beberapa pelabuhan Indonesia, rata-rata ada satu hingga dua unit multipurpose gantry crane. Kapasitas crane ini mencapai 30 ton ke atas, jadinya penanganan cargo, kontainer, dan muatan berukuran besar lainnya menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu, kecepatannya juga cukup cepat, bahkan ada yang mencapai 3 menit per hock cycle. Jadinya, bisa menangani hingga 20 kotak per jam.

Electrical Grab

Alat pengambil atau pencengkeram boxes. Alat satu ini adalah penunjang multipurpose gentry crane agar kinerjanya semakin optimal. Biasanya, jumlahnya akan sama dengan berapa multipurpose gantry crane yang tersedia di pelabuhan. Rata-rata electrical grab termutakhir memiliki kapasitas hingga 15 meter kubik.

Hopper

Hopper adalah salah satu peralatan atau fasilitas yang wajib ada di pelabuhan. Hoopper adalah sebuah wadah untuk pengisian muatan dari atas, dengan lubang pengeluaran di bawah. Hopper terdiri dari beberapa jenis, antara lain static hopper, dan mobile hopper.

Static hopper adalah jenis hopper berbentuk bak besar yang permanen. Hopper jenis ini ditujukan untuk menampung bahan mentah, dan ditujukan untuk menjaga proses dari sistem produksi. Tidak hanya untuk mendukung jasa pelabuhan Indonesia, hopper ini juga biasa ditemukan di industri pertambangan. Dalam jasa pelabuhan, static hopper ditujukan untuk bongkar muat material curah dari kapal menuju ke stock yard, atau langsung ke kendaraan/armada transportasi.

Kedua adalah mobile hopper. Bila static hopper juga bisa ditemukan di industri pertambangan, maka mobile hopper bisa dikatakan umumnya berada di pelabuhan. Mobile hopper ditujukan untuk menerima bahan berbentuk curah, sebelum diturunkan ke truk.

Hopper juga biasanya berjumlah cukup banyak di pelabuhan. Kinerja electrical grab tentu akan optimal bila disandingkan dengan hopper yang canggih.

Container Spreader

Berikutnya, peralatan yang juga sering ditemukan di pelabuhan adalah container spreader. Alat untuk mengangkut kontainer ini ditujukan untuk mendukung multipurpose gentry crane. Biasanya, untuk mendukung jasa pelabuhan Indonesia, jumlah container spreader ini akan sebanding pula dengan jumlah crane yang ada.

Forklift

Tentu kinerja pengantaran muatan akan sulit bila tidak ada forklift. Forklift yang ada di pelabuhan, biasanya telah mengantongi sertifikat izin pengesahan tertentu. Ditambah lagi, forklift juga mesti punya kapasitas besar, minimal 2 ton.

Wheel loader

Ini kendaraan besar yang ditujukan untuk mengambil atau menyusun barang-barang di palka kapal atau di dermaga. Biasanya, wheel loader ditujukan untuk mengambil barang curah kering, seperti bahan makanan dan sebagainya. Wheel loader mesti punya kelincahan untuk melakukan manuver di lokasi yang sempit.

RTG Crane

RTG berarti Rubber Tyre Gentry. Crane satu ini ditujukan untuk memudahkan operasi pada kontainer yard di dermaga. Baik untuk penyusunan maupun pembongkaran.

Eksavator

Eksavator juga menjadi alat berat yang biasa ditemukan di pelabuhan. Eksavator ditujukan untuk bongkar ataupun muat barang-barang pertambangan seperti batu bara dan setipenya.

Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.