Mengenal Beberapa Jenis Dermaga dan Fungsinya

Seringkali banyak orang menyebut bahwa dermaga adalah pelabuhan. Padahal, pelabuhan dan dermaga adalah dua hal yang berbeda. Seperti rumah dan kamar, keduanya punya definisi yang berbeda, bukan?

Pelabuhan merupakan sebuah bangunan dengan fasilitas seperti terminal, yang terletak pinggiran perairan (laut, sungai, dan danau). Pelabuhan ditujukan untuk menerima kapal, kargo, dan penumpang kapal. Karena itulah, di pelabuhan memiliki fasilitas untuk memindahkan muatan dari kapal, atau ke kapal. Kemudian, peralatan untuk membongkar, crane, gudang dan sebagainya. Beberapa pelabuhan besar memiliki kantor khusus untuk urusan kepelabuhan.

Sedangkan dermaga adalah bagian dari pelabuhan. Hanya salah satu bagian sebagaimana kamar di dalam rumah, karena di dalam pelabuhan juga ada beberapa bagian lain. Meski demikian, dermaga menjadi tempat atau bagian terpenting di pelabuhan. Sebab, dermaga inilah yang menjadi tempat menyambut kapal-kapal untuk bersandar.

Definisi dermaga adalah bangunan di dalam pelabuhan yang ditujukan sebagai tempat menyandarkan atau menambatkan kapal, atau tempat naik-turunnya penumpang. Dermaga merupakan penghubung kapal dengan pelabuhan itu sendiri.

Dermaga biasanya merupakan suatu permukaan lantai dengan balok-balok besar, dan tiang pancang untuk menahan beban yang ditanggung bangunan ketika bertemu, bertumburan, atau bergesekan dengan kapal selama proses bongkar muat barang.

Tentunya, setiap dermaga memiliki luas atau dimensi yang berbeda, tergantung dari kadar atau taraf pelabuhannya. Untuk pelabuhan yang menerima kapal-kapal besar, maka ukuran dermaga cukup besar untuk dapat menampung kapal-kapal tersebut.

Jasa penerimaan kapal di dermaga tersebut, disebut dengan jasa dermaga atau jasa tambat. Jasa dermaga dan tambat ini juga tergantung dari jenis-jenis dermaga. Jenis dermaga ini disesuaikan dengan fungsinya. Berikut beberapa di antaranya:

Dermaga kapal ikan

Dari namanya, dermaga ini ditujukan untuk menjadi tempat singgah, bersandar, atau bongkar muat kapal ikan. Dermaga satu ini memang ditujukan untuk mendukung aktivitas perekonomian dari sektor perikanan. Sebagai negara maritim dengan garis pantai terpanjang di dunia, Indonesia tercatat sebagai negara dengan dermaga kapal ikan terbanyak di dunia.

Dermaga barang umum

Dermaga terbanyak berikutnya adalah dermaga barang umum. Dari namanya, tentu bisa disimpulkan bahwa dermaga ini memang ditujukan untuk barang-barang umum, dari kapal. Dermaga ini juga bisa digunakan untuk pindah, atau naik turun penumpang.

Dermaga peti kemas

Berikutnya, yang cukup banyak ditemukan di Indonesia adalah dermaga peti kemas Indonesia. Di dermaga peti kemas ini akan ada banyak jasa peti kemas Indonesia, karena memang ditujukan untuk bongkar-muat-pindah muatan berbentuk peti kemas. Karena peti kemas ini berukuran besar, maka proses pemindahannya menggunakan crane. Karena itulah, ciri khas dermaga satu ini ialah ada crane besar sebagai fasilitas utamanya.

Dermaga marine

Ini adalah dermaga khusus untuk kapal pesiar. Meski juga digunakan untuk hal lain, namun tujuan utamanya adalah untuk dermaga kapal pesiar.

Dermaga curah

Dermaga satu ini ditujukan untuk membongkar muatan barang curah. Barang curah adalah sebutan untuk barang pecah belah, seperti kaca, keramik, dan setipenya. Ciri khasnya adalah ada semacam belt yang berjalan untuk mengangkut barang-barang mudah pecah ini.

Dermaga khusus

Dermaga khusus adalah dermaga yang digunakan untuk bongkar-muat barang yang khusus dan membutuhkan penanganan khusus pula. Contoh barang-barang khusus yang dimaksud antara lain minyak, gas, dan setipenya. Tentunya, diperluan fasilitas yang jauh berbeda dengan dermaga pada umumnya.

Itu tadi beberapa jenis dermaga yang biasa ditemukan di Indonesia. Tentunya, jasa dermaga dan tambat yang ada di setiap dermaga ini juga berbeda-beda. Penanganan untuk kapal yang menampung kayu, kapal menampung barang umum, kapal yang menampung pecah belah, kapal yang menampung minyak, dan kapal pesiar, tentunya akan sangat berbeda penanganannya. Karena itulah, setiap dermaga memiliki fasilitas yang berbeda pula untuk memudahkan proses tersebut.

Previous Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.