Layanan Kapal Pesiar di Pelindo Port Indonesia Kembali Dibuka

Sebagai dampak dari pandemi Covid-19 yang menerpa Indonesia sejak akhir 2019, maka pariwisata Indonesia juga ikut ditutup. Termasuk juga kedatangan wisatawan dari jalur laut. Karena itu, sejumlah pelayanan yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) juga banyak yang dihentikan.

Namun, dengan melandainya kasus covid-19 dan terbukanya kembali keran pariwisata, maka sejumlah pelayanan di Pelindo Port Indonesia kembali dibuka. Salah satunya adalah layanan kapal pesiar atau Cruise.

Layanan kapal pesiar ini sudah mulai akan dibuka di sejumlah Pelindo Port Indonesia, mulai dari Sumatera sampai Papua. Hal itu terungkap ketika Forum Group Discussion (FGD) yang digelar oleh Pelindo, dihadiri oleh penyedia jasa kapal pesiar, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno. Hasilnya adalah, layanan kapal pesiar di Indonesia sudah akan siap di tahun 2022 ini.

Menurut Menparekraf RI, hal itu akan sangat baik bagi pariwisata RI yang berdampak pada peningkatan ekonomi bangsa. Sejumlah tempat destinasi wisata utama Indonesia mesti dipersiapkan untuk melakukan terobosan strategi, khususnya untuk mempercepat proses pembukaan pelayanan kapal pesiar tersebut.

Salah satu bentuk persiapan untuk pembukaan layanan kapal pesiar ini antara lain pembangunan Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) dan beberapa hal lainnya yang ditujukan untuk menunjang hal tersebut. Tentunya, pembukaan kembali layanan kapal pesiar ini juga mesti dibarengi dengan peningkatan layanan tersebut. Apa saja layanan yang biasanya ada di kapal pesiar? Kapal pesiar adalah kapal berukuran besar yang mengangkut turis dari berbagai negara. Tentunya, pelayanan kapal pesiar ini juga berkaitan dengan pelayanan pelabuhan. Di Indonesia, Pelindo Port yang kembali membuka layanan untuk kapal pesiar ini juga meningkatkan pelayanan sebelum dibuka kembali.

Sejumlah layanan yang biasa ditawarkan oleh kapal pesiar mulai dari kolam renang, seni pertunjukan, restoran standar dunia, pemandangan laut, tempat bercengkerama untuk siang dan malam hari. Kemudian, ada juga layanan kamar setara kamar hotel berbintang, bar, lounge, dan karaoke. Karena itu, layanan kapal pesiar selalu disebut sebagai layanan super mewah di atas laut.

Sekarang apa saja yang diberikan oleh pelabuhan untuk layanan kapal pesiar ini? Tentunya, kapal pesiar akan membutuhkan tempat bersandar pertama, baik untuk tempat naik penumpang, turun, maupun persiapan lainnya. Karena kapal pesiar membutuhkan pelayanan kelas internasional, maka pelabuhan utama atau sering disebut home port cruise ini juga adalah pelabuhan dengan taraf internasional.

Pelindo port Indonesia dengan taraf internasional tentunya bisa menjadi basecamp port yang tepat untuk layanan ini. Apa saja layanan yang diberikan oleh pelabuhan? Biasanya pelayanan yang diberikan pelabuhan untuk kapal pesiar ialah layanan pasokan logistik, bahan bakar kapal, unit pengolahan sampah kapal pesiar, kesediaan air bersih, jaringan internet, jaminan keselamatan dan kesehatan, serta jaminan keamanan untuk seluruh penghuni di kapal pesiar tersebut.

Pelindo Port Indonesia dengan sejumlah integrasi pelabuhan dari barat ke timur Indonesia, tentunya mampu melakukan standarisasi secara bertahap. Nantinya, perlahan akan ditingkatkan sejumlah pelabuhan yang memenuhi standar untuk tempat bersandar kapal pesiar taraf internasional. Berikutnya, akan menjadi home port cruise terminal dan mampu menjadi tempat bersandar kapal pesiar yang berkeliling dunia.

Apa yang didapatkan dengan menjadi tempat bersandar kapal pesiar mewah? Tentunya, meningkatkan pariwisata Indonesia. Setiap kapal yang datang akan menjadi sumber pendapatan bagi daerah yang dikunjungi. Jadi, berdampak pula pada pendapatan ekonomi negara dari sektor pariwisata.

Previous Post
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.